Kesuksesan Transfer Coutinho Bikin Barca Terancam Kena Sanksi

Transfer Philippe Coutinho dari Liverpool memang merupakan berkah bagi Barcelona, tapi di satu sisi transfer tersebut berpotensi menghadirkan sanksi bagi Raksasa Catalan, pasalnya menurut media-media Spanyol, kocek 160 Juta Euro yang dikeluarkan Barca untuk sang pemain membuat keuangan klub jadi tak seimbang.

Kesuksesan Transfer Coutinho Bikin Barca Terancam Kena Sanksi

Sebagaimana diketahui, Barcelona memang telah meresmikan transfer Coutinho pada akhir pekan kemarin. Tercapainya kesepakatan memaksa Raksasa Catalan harus merogoh kocek sebesar 160 Juta Euro, dimana angka tersebut lebih tinggi dari tiga tawaran yang mereka layangkan kepada Liverpool pada kesempatan bursa transfer musim panas kemarin.

Kehadiran Coutinho membuat para fans Barcelona merasa antusias dengan masa depan tim kesayangan mereka, namun di satu sisi juga harus cemas, karena bisa jadi sanksi Embargo Transfer kembali dijatuhkan kepada Raksasa Catalan. Pasalnya, uang yang dibelanjakan Barcelona sejak bursa transfer musim panas kemarin terbilang sangat besar.

Musim ini Barcelona tercatat sudah mengeluarkan uang sebesar 312 juta Euro untuk membeli Coutinho, Ousmane Dembele, Paulinho, Nelson Semedeo, Gerard Deulofeu, Marlon dan Yerry Mina. Jumlah ini tidak sebanding dengan pemasukan hasil penjualan mereka, di mana mereka menjual Neymar seharga 222 Juta Euro dan Christian Tello yang hanya bernilai 4 juta Euro.

Menurut laporan tersebut, pendapatan mereka dari penjualan tiket cukup menurun belakangan ini. Selain itu kisruh referendum Catalunya membuat Barcelona semakin kesulitan untuk mencari tambahan sponsor untuk tim mereka.

Akibat dari situasi tersebut, Barcelona dipercaya memiliki hutang sebesar, 298 juta Euro. Andai memang tidak segera dilakukan penstabilan keuangan, besar kemungkinan Raksasa Catalan bakal segera mendapatkan teguran dari UEFA dan kemungkinan besar mendapatkan sanksi Embargo Transfer atau pengurangan limit pemain dalam ajang Liga Champions Eropa.

Leave a Reply